Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Sejarah Perang Dunia ke II Di Morotai

Sabtu, 12 Juni 2021 | Juni 12, 2021 WIB Last Updated 2021-06-12T09:08:49Z


Morotainews.com - Pertempuran perang duni keII terjadi di Morotai yang pada saat itu masih bagian dari pulau Halmahera Utara perang tersebut mulai pada tanggal 15 September 1944.


Pertempuran dimulai ketika tentara Amerika Serikat dan Australia mendarat di Morotai bagian barat daya,basis di Morotai dibutuhkan untuk membebaskan Negara Filipina karena Morotai adalah tempat yang dekat dengan Negara Filipina. 


Jumlah tentara Amerika Serikat yang menyerang pada saat peperangan itu terjadi jauh lebih banyak dari Tentara Jepang pada saat itu sebelum bantuan dari negara Jepang tiba.


Bantuan Jepang mendarat di Morotai pada pertengan bulan Oktober dan awal bulan November, tetapi mereka masih kekurangan persediaan senjata maupun makanan untuk menyerang Sekutu. 

Kapal pengangkut tank mendarat di Blue Beach Morotai


Pertempuran terus berlanjut hingga akhirnya Jepang menyerah karena para tentara Jepang menderita korban jiwa yang sangat besar akibat penyakit dan kelaparan melanda mereka.


Tapi beberapa prajurit Jepang di morotai masih terus bertahan dan menolak menyerah. Salah satunya adalah Teruo Nakamura, yang baru berhasil diamankan pada 18 Desember 1974 oleh Tentara Angkatan Udara Indonesia. Sabtu, (12/06/2021)

×
Berita Terbaru Update