Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Dari Bertani Cabe Beralih Ke Tomat!!! Begini Kata Ikbal Tutubira

Sabtu, 25 Desember 2021 | Desember 25, 2021 WIB Last Updated 2021-12-25T13:28:28Z


Morotainews.com - Morotai - Seorang petani muda bernama Ikbal Tutubira yang awalnya bertani Cabe sekarang dia mencoba beralih menanam tomat dan hasilnya sangat mengejutkan. Pada awal bulan Mei tahun 2021 dia menanam Cabe dan terakhir memanen pada bulan November 2021 dengan keuntungan sebesar Rp. 20.000.000 (dua puluh juta rupiah).


Kemudian beliau beralih untuk mencoba-coba bertani tomat di tgl 20 Oktober 2021 dan sekarang pada bulan Desember 2021 Ikbal akan memenen hasil tani tersebut sebanyak 2000.000 pohon.


Ikbal Tutubira mengatakan bahwa, saya ingin mencoba menanam tomat untuk belajar apakah saya bisa atau tidak dan ternyata hasilnya sangat mengejutkan Alhamdulillah.


"Peran pemerintah daerah saat ini sangat baik sekali untuk mendukung kami para petani Cabek dan tomat,jadi kalau pas kita panen langsung kita buat laporan ke dinas pertanian dan dari pihak dinas pertanian langsung mengarahkan ke pengepul agar hasil panen kita di beli dengan bandrol harga Rp.10.000/kg" kata Ikbal saat d hubungi Morotainews.com hari Sabtu Tgl (25/12/2021)

Gambar tanaman tomat siap panen 


Saat ini Kabupaten Pulau Morotai memberdayakan para petani cabe dan tomat juga di support penuh lewat kebijakan Bupati karena, Bupati pulau Morotai tidak mau melakukan impor tomat dari luar daerah. Karena menurut bupati kabupaten pulau Morotai tanah di pulau Morotai sangatlah subur dan bisa menghasilkan Cabek dan tomat yang kualitasnya sangat baik.


"Hari Senin besok saya mau panen untuk hasil tani saya dari tomat dan ini pertama kali saya panen, mungkin hasilnya gak terlalu banyak kira-kira kurang lebih 100 kg saja." Tutup Ikbal 


Selain membuka kesempatan masyarakat untuk bertani pemerintah juga secara tidak langsung dapat membuka lapangan pekerjaan lewat para petani cabe dan tomat.

×
Berita Terbaru Update