Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

PJ Bupati Ikram M Sangadji Menerima Kunjungan Ketua Dewan Masjid Indonesia Malut Dan DMI Halteng, Sekaligus Pelepasan Tim Aksi Kemanusiaan Pengobatan Gratis Di Kab. Halteng Dalam Rangka Maulid Nabi 1445 H/2023 M

Jumat, 20 Oktober 2023 | Oktober 20, 2023 WIB Last Updated 2023-10-20T09:08:35Z


Morotainews.com - Malut- Dewan Masjid Indonesia (DMI) Dewasa ini merupakan salah satu ORMAS ISLAM yang melakukan Gerakan nyata dilapangan dengan menakan Gerakan ini adalah Aksi Kemanusiaan.


Aksi kemanusiaan ini pertama kalinya dilakukan dibeberapa kabaten kota dan di Halmahera Tengah (Halteng), kali ini gilirannya mendapat Rezeki lewat Program DMI Pedui...adapun agenda non provit ini mengandeng DMI Halteng dan KNPI Halteng, Dapat berjalan sesuai dengan skejul yang sudah ditentukan oleh TIM AKSI KEMANUSIAAN melalui survey visibilitty study


DMI akan menjadi Kelompok Organisasi yang ansih terhadap Gerakan Sosial, dan kemanusiaan,Problem yang terjadi di tengah tengah kehidupan Civil Society, Walau DMI Halteng baru terbentuk kepengurusannya namun sudah punya komitmen untuk menyelesaikan masalah keummatan sesuai motto DMI memakmurkan dan dimakmurkan mesjid yakni DMI Kerja sambil Beramal 


DMI Halteng yang di ketuai oleh Generasi Potensial asal Tepeleo-Patani Utara yakni Ustad Hasbi Hi. Abdullah dan Yudistira Johan sebagai Sekretaris dipilih melalui seleksi ketat di panitia penjaringan provinsi maupun pusat


TIM AKSI KEMANUSIAAN DEWAN MASJID INDONESIA (DMI) MALUKU UTARA & DMI Halteng Melakukan Pengobatan GRATIS yakni:

Pemeriksaan Gula Darah Untuk Lansia & Pengobatan, Pemberian Obat Vitamin, Pengobatan Bekam, Nutrisi Tambahan

Penyaluran Al-Quran, dan Bantuan Ponpes serta buku bacaan anak

Yang dilaksanakan dari 12 s/d 19 Oktober 2023.


Turut Hadir Ketua KNPI Halmahera Tengah Hj. Endasari Effendi dalam Acara Pelepasan TIM AKSI KEMANUSIAAN DEWAN MASJID INDONESIA (DMI)

Bertempat di Ruang Sekda Halmahera Tengah Bukit Loiteglas Weda, Senin 16/10/2023.


Namun DMI Provinsi melakukan Aksi Kamanusiaan ini sudah di berbagai Titik Perkotaan sampai pelosok Maluku Utara halsel,kota Ternate,kab taliabu dan lali ini arah kompas kami tertuju di negri Fagoguru


Dengan 9 Program yang skejulkan Tim Aksi Kemanusiaan ini dapat terlaksana di 4 titik yaitu Desa Lokulamo, Desa Waibulen & Sawai dan Desa Persiapan Era Fagogoru (Waleh Trans). Sementara Halmahera Tengah terdiri dari 72 Desa hanya 4 Desa tersebut yang sudah dikunjungi oleh Tim Aksi Kemanusiaan Dewan Masjid Indonesia (DMI).


Ketua DMI Provinsi Muhsin Bubakar SH, MH (komentar)

Selama saya menjabat sebagai Ketua DMI Provinsi ini kami di waktu Covid-19 sudah mendistribusikan Alat Kesehatan (APK) dan Sanitizer di Beberapa Rumah Sakit (RS) ternama di Maluku Utara termasuk RS Kepolisian.


DMI Provinsi juga bekerja sama dengan Unilever Indonesia terkait dengan pendistribusian alat pembersih masjid sebanyak 800 Masjid di Maluku Utara. Dmi juga terfokus pada Kesehatan karena memang sektor kesehatan ini menurut hemat kami, tidak semua masyarakat menengah kebawa itu dilayani secara baik meski upaya pemerintah Sudah maksimal karena itu DMI Hadir untuk memaksimalkan, kerjasama ambil bagian demi maslahat bersama,wabilkhusus masyarakat kurang mampu. Apalagi kalo Pemerintah setempat juga punya nawaitu yang kuat memakmurkan masyarakatnya seperti pak Ikram M Sangadji yg tdk saja pekerja keras namun bekerja cerdas maka dititik ini semakin mudah untuk beramal lewat program Aksi Aksi Kemanusiaan seperti ini.


Karena kami melihat Pemerintah Halteng punya 5 Program Prioritas dan salah satunya di bidang kesehatan maka DMI turut andil dalam unsur kebaikan kebaikan dari kebijakan Daerah. Sehingga ada sinergitas baik antara DMI dengan Dinas kesehatan dan kesra di wilayah halteng  


Aksi Kemanusiaan berupa pengobatan serta pemeriksaan gula darah Gratis ini kita lakukan semata mata mengharapkan ridho dari Allah SWT sehingga pembiayai Kegiatan ini murni dari Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Maluku Utara gandeng DMI Kab. Halteng.

Adapapun personilnya Kita menurunkan Tim 14 Orang yang terdiri dari 1 Dokter, Ketua Tim dan Rombongan DMI Provinsi 6 orang serta 4 orang dari Delegasi DMI Halteng dan 2 orang dari Delegasi KNPI Halteng dengan 3 unit Mobil yang terdiri dari 1 Unit Mobil Ambulance, 1 Unit mobil Operasional dan 1 Unit Mobil Pengangkut Tim Kesehatan dari Puskesmas di Desa atau Kecamatan yang menjadi titik kegiatan Aksi Kemanusiaan dari Dewan Masjid Indonesia.


Kami berharap Aksi seperti ini dapat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan sebab Sehat itu Mahal, karena jika banyak Harta tapi sakit Harta itu tidak akan dapat di nikmati atau punya jabatan dan pangkat tinggi tapi sakit juga akan sia sia.


Ucapan Terimakasih yang tak terhingga buat Bapak Pj. Bupati Halteng,yg begitu banyak mensuport team ini juga Dinas Kesehatan, tks juga kami sampaikan kepada team Medis dan Juga Kesra yang mensuport full atas Aksi Kemanusiaan ini.


Ketua DMI Halmahera Tengah Ustad Hasbi Hi. Abdullah (Komentar) DMI Halmahera Tengah akan selalu mengawal Program positif yang berkaitan dengan kemasyarakatan ummat sebab DMI punya visi dan misi yang apabila di implementasikan berefek baik terdapat pribadi maupun masyarakat yang membutuhkan.


Sepertinya halnya kegiatan pengobatan Gratis yang kami lakukan dengan maksud Agar Masyarakat Halteng secara kolektif dapat Hidup Sehat, Walau kami mohon maaf belum bisa menjangkau semua Desa desa yang ada di Halteng karena keterbatas Waktu dan Tenaga, tapi paling tidak dari 4 titik yang sudah kami terjun langsung sudah membantu -+200 orang yang terdata dari titik Pertama Desa Lokulamo 32 orang, Desa Waibulen dan Sawai 70 orang dan Desa Persiapan Era Fagogoru (Trans Waleh) 82 orang yang telah mendapat Pemeriksaan dan Pengobatan serta Bekam Gratis dari Aksi Kemanusiaan DMI ini.


Sekretaris DMI Halteng Yudistira Johan (Komentar) biasa di sapa YJ Sesuai dengan tanggapan dan harapan dari masyarakat desa desa setempat yang sudah tersentuh langsung dengan Aksi Kemanusiaan dari DMI ini, maka saya menarik kesimpulan bahwa Kegiatan sepertinya ini sangat membantu masyarakat yang membutuhkan.


Olehnya itu kami akan menginiasi gerakan kemanusiaan ini secara matang dan tepat sasaran sehingga 72 Desa Di Halmahera Tengah ini bisa dapat menikmati Aksi Kemanusiaan ini bukan hanya di titik tertentu, sebab menuju di momen pesta demokrasi 5 tahunan semakin dekat ini pasti ada yang berasumsi ada polarisasi politik sesaat tapi kami tegaskan bahwa DMI Hadir untuk masa depan Halteng yang lebih baik dan bermartabat.


Sebab kita punya historis yang kuat dalam filosofis berbangsa dan bernegara. Dewasa ini, kita Harus mengimplementasikan apa yang menjadi keinginan manusia terdahulu, misal saya menyentil terkait salah satu falsafah Fagogoru yakni Ngaku Rasai bahwa setiap orang yang hidup di bumi Halmahera Tengah adalah bagian dari saudara kita yang paling dekat. Artinya siapapun yang sakit di Halmahera Tengah maka dia adalah saudara kita yang sangat membutuhkan pertolongan serta bantuan dari kita sebagai orang Fagogoru.

×
Berita Terbaru Update